Pengertian serta Cara Menentukan Elevasi Ketinggian Tanah

Halo sobat survey selamat datang di artikel Indosurta Cikarang, apakah kalian pernah mendengar tentang pengukuran atau menentukan elevasi ketinggian tanah? Tahapan / proses ini sangat penting, karena dapat menentukan hasil atau bentuk bangunan contohnya seperti lantai – lantai pada sebuah bangunan.

 

Apa itu elevasi?

Elevasi merupakan ketinggian suatu objek secara relative terhadap suatu refensi. Ada beberapa refrensi yang di gunakan dalam penentuan elevasi, contohnya seperti MSL (Mean Sea Lever).

 

Menghitung elevasi

Teknik menghitung elevasi yaitu dengan mencari perbedaan antara dua titik yang salah satu titik refrensi telah di ketahui ketinggiannya. Setelah anda mendapatkan perbedaan ketinggian, maka objek dapat di tentukan dengan melakukan penjumlahan dari titik refrensi dengan beda tinggi.

Kemudian, perlu anda ketahui nilai beda tinggi tidak selalu positif. Jika nilai beda tinggi negatif, maka tinggi objek lebih rendah dari titik refrensi yang di gunakan.

 

Alat yang di gunakan untuk menentukan elevasi

Dalam menentukan atau menghitung elevasi di perlukannya sautu alat pendukung agar dapat membantu proses perhitungan pada bangunan. Alat – alat yang dapat anda gunakan seperti :

Theodolite dapat di gunakan untuk mengukur jarak serta pengukuran sudut. Baik sudut horizontal (mendatar) maupun sudut vertikal (tegak). Namun dalam proses menentukan elevasi menggunakan prinsip perhitungan jarak vertikal (tegak).

TS / Total Station memiliki cara kerja yang sama dengan Theodolite. Namun yang membedakan TS dengan Theodolite yaitu TS sudah di lengkapi dengan memori penyimpanan sehingga hasil pengukuran dapat tersimpan pada memori.

Automatic Level Waterpass / waterpass memang sudah di rancang khusus untuk pekerjaan pengukuran elevasi. Hanya saja alat ini berbeda dengan Theodolite ataupun Total Station, karena waterpass hanya mampu bergerak memutar pada sumbu horizontal saja.

Klinometer secara tidak langsung juga bisa di gunakan untuk pengukuran elevasi, yaitu dengan mengukur garis datar dengan garis yang menghubungkan ke sebuah titik puncak objek. Namun alat ini hanya memberikan informasi elevasi berupa sudut vertikal.

 

Semua alat tersebut dapat sobat pakai sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan dengan alat tersebut pekerjaan elevasi anda akan terbantu sehingga menjadi lebih praktis untuk di kerjakan.

Penjelasan mengenai pengukuran untuk menentukan elevasi ketinggian tanah cukup sampai di sini ya sobat, semoga penjelasan tersebut dapat di pahami dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan sobat. Jangan lupa baca artikel Indosurta Cikarang lainnya ya.

 

Sumber : pinhome.id

 

Baca juga : Apa itu Jamming dan Spoofing? Apa pengaruhnya untuk pengukuran GPS?

Artikel lainnya

error: Mohon maaf, tidak bisa di klik kanan...
Scroll to Top